Thursday, January 27, 2011

Tiga ''Hacker'' Terpopuler Sepanjang Massa

  Selain penggua internet biasa,dunia maya juga dipenuhi dengan mereka yang disebut hacker,cracker atau black hat hacker.kegemaran mereka adalah mengeksploitasi sistem komputer dan melakukan apa yang disebut cybercrime.

  Kebanyakan dari mereka melakukan demi kesenanga dan memenuhi rasa penasaran semata,sementara sebagian lagi dari mereka melakukannya demi keuntungan pribadi, Berikut ini adalah beberapa 'black hack' hacker terpopuler dikomunitasnya.:
Jonathan james
  Nama james mendadak beken karena merupakan orang pertama yang dijebloskan ke pengadilan karena hacking,ketika dikrung ia baru berusia 16 tahun.
  Dalam wawancara dengan sebuah stasiun TV swasta di Amerika serikat, ia menyebutkan,''saya hanya bermain dan melihat lihat,'' ucap james,seperti dikutip dari ITsecurity.'yang menarik buat saya adalah tantangan apa yang bisa saya dapatkan kalau berhasil,' ucapnya.
Yang jadi target james adalah organisasi kelas atas.sebagai contoh,ia memasang backdoor diserver Defense Threat Reduction Agency (DTRA).Organisasi itu merupakan salah satu unit di Departemen Pertahanan AS yang bertugas mengurangi ancaman terhadap AS dan sekutunya dari senjata konvensional,senjata khusus,biologis,kimia,hingga nuklir.
Adrian lamo
  Lamo populer karena ia berhasil menyusup ke New York Times dan Microsoft.dijuluki 'hacker tunawisma' karena ia menggunakan komputer ditempat umum seperti kedai kopi dan perpustakaan untuk melancarkan aksinya.
  Penyusupan yang dilakukan oleh lamo umumnya merupakan percobaan penetrasi lewat celah keamanan yang ia temukan,mengeploitasinya,kemudian mengabarkan perusahaan yang ia susupi seputar celah yang ada.Ia juga sempat menyusupi Yahoo,Bank of Amerika,dan Cingular.
Kevin Mitnick
  Mitnick punya sejumlah pengalaman hacking sebelum melakukan kejahatan yang membuatnya populer. Ia memulainya dengan menyusup ke jaringan kartu transportasi massa di Los Angeles untuk mendapatkan tumpangan bus gratis.
  Setelah itu, ia mencurangi billing telepon. Meski melakukan kejahatan lain, Mitnick akhirnya ditangkap karena menerobos jaringan komputer Digital Equipment Corporation dan mencuri software.  Mitnick punya sejumlah pengalaman hacking sebelum melakukan kejahatan yang membuatnya populer. Ia memulainya dengan menyusup ke jaringan kartu transportasi massa di Los Angeles untuk mendapatkan tumpangan bus gratis.
Setelah itu, ia mencurangi billing telepon. Meski melakukan kejahatan lain, Mitnick akhirnya ditangkap karena menerobos jaringan komputer Digital Equipment Corporation dan mencuri software.
  Meski begitu,Departemen Kehakiman menyatakan bahwa mitnick merupakan :''the most wanted computer criminal in united states history,'' bahkan eksploitasi yang dilakukannya diangakat kedalam dua film yakni freedom downtime dan takedown.

No comments:

Post a Comment