Saturday, June 11, 2011

Letusan Badai Matahari Terekam NASA

NASA berhasil merekam terjadinya letusan badai matahari pada 7 juni 2011 kemarin. uniknya, lidah api yang disemburkan kali ini lebih dahsyat dibanding sebelumnya. Pada rekaman kejadian tersebut terlihat badai solar besar di permukaan matahari yang menimbulkan erupsi dahsyat yang menghasilkan awan plasma magnetik.


Peneliti surya asal NASA Jack Ireland mengaku belum pernah melihat kejadian seperti ini. Letusan terbilang berukuran sedang, tetapi plasma yang mengandung magnet yang dilontarkan lidah api disebut filamen bisa berukuran 10 kali Bumi.

Filamen yang besar biasanya terlepas dari medan magnet matahari dan melewat ke luar angkasa. Demikian penjelasan dari ilmuwan NASA Alex Young. Hanya saja pada kejadian kali ini, filamen kembali ke matahari. "Kemungkinan tidak punya energi yang cukup," katanya.

Puncak badai solar terjadi sekitar pukul 06.41 GMT. Tapi, ahli astrofisika NASA C. Alex Young mengatakan lidah api terus berlangsung hingga beberapa jam.

“Matahari menghasilkan erupsi spektakuler dengan lidah api dan partikel berenergi tinggi di sekitarnya. Saya belum pernah melihat material yang dilepaskan seperti ini sebelumnya,” kata Young, seperti dikutip Space.com.

Wahana pengamatan dinamika matahariu milik NASA merekam badai di matahari itu dalam sejumlah gelombang yang berbeda.

No comments:

Post a Comment